Rabu, 21 November 2012

BUKU CATUR

Buku catur adalah salah satu sarana dalam belajar catur. Terdapat berjuta-juta judul buku catur di dunia ini, tetapi apakah setiap buku catur bisa membuat Anda lebih maju? Belum tentu.

Berikut saya jelaskan beberapa jenis buku catur

1. Jenis buku catur menurut fase permainan :

a. Buku Catur Opening : berisi teori pembukaan, bermacam-macam nama opening dan variasi langkahnya.

b. Buku Catur Middle Game : berisi tema-tema babak tengah, berisi posisi-posisi yang dapat terjadi di babak tengah, taktik catur, teka-teki catur yang bisa dipecahkan

c.. Buku Catur Ending : berisi teori babak akhir, teori materi yang dapat menyebabkan permainan dapat dimenangkan atau mutlak remis.

2. Jenis buku catur menurut konten-nya :

a. Buku Catur yang berisi game catur : buku ini hanya berisi notasi catur dari permainan para grandmaster, tanpa ada analisa dan komentar dari penulis.

b. Buku Catur yang berisi analisa catur : buku ini berisi notasi catur dari permainan para grandmaster disertai dengan analisa dan komentar dari penulis.

c. Buku Catur Teori : buku ini berisi banyak teori catur, disertai dengan beberapa contoh posisi dan game yang dimainkan.

3. Jenis buku catur menurut efek yang dihasilkan :

a. Buku catur yang hanya berisi pengetahuan : buku catur ini berisi banyak pengetahuan catur, Anda bisa tahu banyak tentang teori catur, tetapi Anda belum tentu mampu menerapkan-nya dalam permainan Anda.

b. Buku catur yang berisi pemahaman + cara penerapan : Buku catur seperti ini jarang ada di pasaran, karena dapat membimbing Anda meraih kemajuan catur. Tidak hanya berisi teori, di dalamnya Anda juga dibimbing bagaimana menerapkan sebuah teori catur dalam permainan Anda, hingga Anda mampu memenangkan banyak permainan catur. Buku seperti inilah yang dibutuhkan oleh para Atlet catur di Indonesia.


Dapatkan Modul Training : Belajar Catur dengan Metode SMART dan AKTIF di




Norman Rizkyono 22.05

0 komentar:

Posting Komentar